Peran Blogger Dalam Sosialisasi Wisata Dan Budaya Kawasan ASEAN

Halo sahabat positivego, apa kabar semuanya? Kali ini positivego akan berbagi opini mengenai peran blogger dalam sosialisasi wisata dan budaya kawasan ASEAN.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu Negara pendiri ASEAN dan juga berperan aktif didalamnya. Sebagai Negara anggota ASEAN maka sepatutnyalah bangsa kita ini ikut berperan aktif dalam mewujutkan tujuan didirikannya ASEAN. Terlebih para pemudanya.

Berbicara mengenai tujuan ASEAN, apakah sahabat tahu tujuan didirikannya ASEAN dibidang sosial budaya?

Seperti yang tercantum didalam Piagam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, tujuan didirikannya ASEAN dibidang sosial budaya adalah:

Meningkatkan ketahanan kawasan dengan memajukan kerja sama politik, keamanan, ekonomi, dan sosial budaya yang lebih luas;
Memajukan pembangunan berkelanjutan untuk menjamin perlindungan lingkungan hidup di kawasan, sumber daya alam yang berkelanjutan, pelestarian warisan budaya, dan kehidupan rakyat yang berkualitas tinggi.

Dari lima belas tujuan yang ada, dua tujuan diatas merupakan tujuan yang menarik bagi saya untuk dibahas. Sedikit yang dapat saya simpulkan bahwa salah satu tujuan didirikannya ASEAN dibidang sosial budaya adalah untuk memajukan kerjasama sosial budaya serta melindungi dan melestarikan warisan budaya.
Lalu, sebagai warga Negara Indonesia, apa yang dapat kita lakukan untuk membatu mewujudkan tujuan tersebut?

Menurut saya sebagai warga Negara Indonesia, pemuda, dan seorang blogger, kita mempunyai tiga peran untuk mewujudkan tujuan tersebut. Terutama sebagai seorang blogger Indonesia, peran kita untuk mensosialisasikan potensi wisata dan budaya di kawasan ASEAN adalah:
  1. Mempromosikan dan menginformasikan pesona keindahan wisata dan budaya didaerahnya masing-masing
  2. Menjalin komunikasi dan kerjasama antar blogger untuk meningkatkan dukungannya terhadap budaya dan wisata di kawasan ASEAN
  3. Berperan aktif dalam melindungi dan melestarikan warisan budaya dan tempat wisata yang ada.
Ketiga peran diatas dapat kita lakukan melalui tiga cara antara lain:

Melalui Publisitas Di Blog

Blog merupakan salah satu media sosial dimana kita dapat menyampaikan opini, kritikan, dukungan, dan hasil kreasi dalam bentuk digital baik berupa tulisan, video, music, gambar dan aplikasi. Sebagai media sosial, blog menjadi alat yang ampuh untuk melakukan publisitas informasi. Tidak terkecuali untuk publisitas informasi mengenai pesona keindahan wisata dan budaya dikawasan asean.
Dengan blog kita dapat mempromosikan keindahan tempat wisata dan budaya serta keunikan kuliner didaerah masing-masing. Kita sebagai blogger Indonesia dapat memposting keunikan wisata dan budaya kita seperti keindahan Raja Ampat, Pulau Komodo, Tari Reog Ponorogo, dan makanan-makanan khas Indonesia. Begitu juga bagi blogger dikawasan asean yang lainnya juga dapat mempromosikan wisata dan budaya mereka melalui blog masing-masing. Kita juga dapat memposting pengalaman berwisata di tempat wisata yang kita kunjungi guna sebagai review dan informasi kepada pembaca blog.

Banyak blogger yang mempunyai follower dan pembaca setia di blognya dan ini merupakan potensi besar untuk melakukan publisitas wisata dan budaya. Menurut saya cara ini merupakan cara paling efektif untuk mensosialisasikan potensi wisata dan budaya di kawasan ASEAN karena target marketnya sudah ada yaitu pembaca dan follower yang setia.

Melalui Komunitas Blogger
Sebagai seorang blogger, komunitas merupakan media berkumpulnya orang-orang yang mempunyai tujuan dan keinginan yang sama. Selain itu komunitas juga bisa menjadi tempat bagi orang-orang yang berada pada wilayah atau kawasan yang sama. Didalam komunitas, kita bekerjasama menggagas dan bertukar pikiran tentang hal yang menurut kita penting dan bermanfaat.

Komunitas blogger merupakan media yang tepat untuk mensosialisasikan wisata dan budaya. Hal ini dikarenakan komunitas blogger memiliki ikatan personal dan kolegial yang kuat diantara anggotanya. Dengan adanya budaya kekompakan didalam komunitas maka sosialisasi potensi wisata dan budaya dapat dengan mudah disebarluaskan kepada para anggotanya. Sehingga komunitas dapat dijadikan alat penyampaian informasi dan gagasan tentang potensi wisata dan budaya di kawasan ASEAN.

Melalui Aktifitas Nyata

Sosialisasi potensi wisata dan budaya tidak hanya dapat dilakukan melalui media online tetapi juga dapat dilakukan dengan aktifitas nyata. Tindakan ini menurut saya lebih condong pada peran aktif kita dalam melindungi dan melestarikan warisan budaya dan tempat wisata yang ada.
Contoh hal kecil yang dapat kita lakukan adalah membuang sampah pada tempat sampah, tidak merusak sarana umum, tidak mencoret-coret sarana umum ketika berkunjung di tempat wisata. Diharapkan dari tindakan kecil ini kita dapat menjaga dan melestarikan wisata dan budanya yang kita miliki.

Referensi:
[1] http://www.aseansec.org/AC-Indonesia.pdf
thumbnail
Title: Peran Blogger Dalam Sosialisasi Wisata Dan Budaya Kawasan ASEAN
Rating: 4.9 - 991 user reviews.
Reviewed by: Rendik Setiawan

Related Template Blog Info, pendidikan :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Kata Kata Mutiara Cinta: Peran Blogger Dalam Sosialisasi Wisata Dan Budaya Kawasan ASEAN.