Bongkar Rahasia Keunggulan Yamaha Xeon RC

Yamaha Xeon RC dapat dibilang sebagai penyempurnaan dari produk Yamaha Xeon yang sebelumnya. Produkini didesain dengan sentuhan khas motor balap Yamaha dengan penambahan nama belakang RC yang berarti Racing Champion. Banyak sekali perubahan motor ini dengan produk sebelumnya sehingga Xeon RC memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan motor lain sejenisnya.

Secara umum sepeda motor Yamaha Xeon RC memilki keunggulan yaitu keren, cepat, dan canggih.

KEREN


Yamaha Xeon RC memiliki desain yang keren dengan sentuhan warna sporty. Ada lima varian warna yang memiliki nama keren yaitu Victorious Red (merah - putih), Regal Purple (ungu - putih), Dazling Black (hitam - kuning), Cosmic White (putih - oranye) dan Thunder Bolt Blue (biru - putih). Kesemuanya memiliki wheel pin stripe dan shockbreaker belakang berwarna merah yang semakin memperkuat kesan sporty.


Pengeremannya menggunakan teknologi Smart Lock System sehingga praktis digunakan dan aman saat mengerem di jalan menanjak atau menurun.
Desain motor terinspirasi dari pesawat tempur F117-Nighthawk yang tampak jelas pada cover desainnya yang aerodinamik. Lampu depan pada Xeon RC ini sudah menerapkan Automatic Headlight On (AHO) sehingga lampu otomatis nyala ketika mesin dinyalakan.
Integrated key shutter memiliki tiga fungsi yaitu untuk menyalakan motor, pengaman ganda, sekaligus pembuka bagasi.
Velg berwarna dan dikombinasikan dengan wheel pin stripe yang berwarna tegas sehingga semakin memperkuat kesan sporty.
Dilengkapi dengan Smart Stand Switch yang berfungsi membantu kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Teknologi ini membuat mesin tidak bisa hidup jika stand samping belum dilipat sehingga mengingatkan kita akan keselamatan berkendara.
Yamaha Xeon RC menerapkan half face helm in pada bagasinya sehingga mendukung aktivitas harian pengendara. Dengan bagasi yang besar ini anda tidak perlu kerepotanmembawa barang saat berkendara.
Jok dan kombinasi warna bodi Xeon RC menggunakan dua warna sehingga tampak lebih sporty dan agresif. Kesan sporty juga ditunjukan oleh warna warna striping yang trendy dan tegas.
Konsep After Burner Jet Tail Lamp sudah diterapkan pada lampu belakang sehingga tidak hanya memberikan tampilan yang futuristic dan sporty tetapi juga lebih terang. Ciri konsep After Burner Jet Tail Lamp adalah terdapat ornamen garis-garis tajam pada bagian dalam sehingga nampak lebih kokoh.
Kesan yang sama juga diberikan untuk cover knalpotnya yang berwarna titanium. Desain knalpot Xeon RC diadaptasi dari motor Yamaha T-Max yang berkesan powerful dan eksklusif.
Pada bagian mesin, teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston tetap dipertahankan. Teknologi ini diklaim lebih kuat, lebih awet, dan lebih ringan sehingga Yamaha berani memberi garasi 5 tahun.



Tampak Depan dan Belakang


Yamaha Xeon RC memiliki banyak perubahan jika tampak dari depan. Cover headlamp berubah total. Lampu utama kini menjadi lebih lebar, sedangkan lampu senja sekarang pindah ke sayap bagian samping. Perubahan posisi lampu ini terinspirasi dari motor Yamaha T-Max sehingga tampil sporty dengan balutan warna yang keren.

Desain kaca spion juga berubah total. Sudut tajam pada rear view mirror lebih menegaskan kesan sporty dan dinamis.

Di bagian belakang perubahan terjadi pada stop lamp. Yamaha Xeon RC menggunakan stop lamp berkonsep "after burner jet tail lamp" dengan ciri-ciri terdapat ornamen garis-garis tajam sehingga nampak lebih kokoh dan lebih terang.

Tampak Samping


Tampak samping, perubahan terlihat jelas pada bagian seat, knalpot, wheel, dan speedo meter. Di bagian seat, Xeon RC menerapkan penggabungan dua warna yang berbeda. Selain itu seat Xeon RC lebih empuk sehingga tidak cepat panas jika digunakan dalam perjalanan jauh.

Desain baru lainnya juga terlihat pada knalpot yang terinspirasi dari bentuk knalpot Yamaha T-Max. Cover knalpot yang berwarna titanium juga memberi kesan tersendiri bagi pengguna motor ini. Strip berwarna sporty juga bisa ditemukan di bibir pelek. Warna strip ini bukan stiker melainkan warna cat sehingga jauh lebih awet.

Pada bagian atas terlihat speedo meter yang mengusung tema 3 dimensi. Desain 3 dimensi pada speedo meter Yamaha Xeon RC memberikan kesan tegas nan dinamis.

CEPAT


Karakter lincah dan ringan sudah disematkan dengan apik oleh pabrikan Yamaha. Hal ini dibuktikan dengan desain chassis terbarunya yang membuatnya lebih stabil dan nyaman.

Penyempurnaan yang paling signifikan adalah pada ground clereance yang dibuat sedikit lebih tinggi10 mm ketimbang Xeon lama. Selain membuat ground clereance aman saat melintasi polisi tidur, naiknya ground clereance juga memberikan efek redaman suspensi sehingga lebih lembut. Posisi setang kemudi pun di rasa pas dan tidak terlalu rendah dengan pijakan kaki yang masih tergolong lega.

Perubahan lainnya yaitu wheel base yang molor 5 mm dari desain Xeon lama. Efek perpanjangan wheel base ini mengakibatkan titik berat jadi lebih ketengah sehingga stabilitasnya jadi lebih baik.

Yamaha Xeon RC juga melepas rear arm/lengan ayun yang posisinya ada di roda belakang sebelah kanan. Efek dari pelepasan rear arm mengakibatkan bobot Xeon RC lebih ringan hingga 3 kilogram. Hal ini mengakibatkan power to weight ratio-nya lebih besar. Selain itu pelepasan rear arm juga dapat mempermudah saat ganti ban.



Pabrikan Yamaha juga melakukan penyempurnaan mesin pada Xeon RC. Kapasitas mesin Xeon RC menjadi 125 cc dengan menggunakan liquid cooled sebagai pendingin mesin. Tenaganya kini mencapai 8,4 kW atau sekitar 11,4 PS pada putaran 9.000 rpm atau meningkat 8% dari produk terdahulu.

Untuk sistem pengapian, Yamaha Xeon RC mengusung teknologi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection). Teknologi ini memiliki mekanisme dua saluran udara yang berbeda. Ketika gas ditutup dan putaran rendah maka hanya katup pertama yang terbuka. Hal ini mengakibatkan udara akan masuk melalui saluran udara tambahan di luar intake manifold kemudian dihantarkan langsung ke dekat injektor.

Baru ketika gas dibuka dan membutuhkan tenaga lebih maka katup kedua di throttle terbuka lebar sehingga udara masuk lewat lubang di throtle body. Teknologi YMJET-FI dapat menciptakan atomisasi gas bahan bakar yang lebih halus yang mengakibatkan konsumsi BBM diklaim lebih hemat sekitar 20%.



Penggunaan teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston tetap dipertahankan. Teknologi ini diklaim lebih kuat, lebih awet, dan lebih ringan. DiASil memiliki berat yang hanya mencapai 35% dari besi dan memiliki daya pendinginan yang lebih baik (pelepasan panas mencapai 280% lebih baik dari besi). Teknologi ini juga mampu meminimumkan piston clearance sehingga Yamaha berani memberi garasi cylinder hingga 5 tahun.

CANGGIH


Fitur Yamaha Xeon RC yang paling baru adalah Smart Lock System dan Smart Stand Switch. Smart lock system yang digunakan pada motor ini sangat user friendly. Cara kerjanya tinggal tarik rem belakang lalu tekan ke bawah tuas smart lock system-nya. Sedangkan smart stand switchmem buat mesin tidak bisa hidup jika stand samping belum dilipat. Sebaliknya jika mesin hidup lalu stand samping dibuka maka mesin otomatis mati dan lampu indikator berkedip memberitahukan kalau posisi stand samping terbuka. Fitur ini mengingatkan kita akan keselamatan berkendara.


Kecanggihan Xeon RC tidak hanya disitu saja. Pihak Yamaha telah menyematkan 6 sensor canggihnya pada motor yang satu ini. Sensor-sensor canggih tersebut antara lain Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CPS), Coolant Temperature Sensor (CTP) dan O2 sensor.

Sedangkan untuk mengatur idle, Xeon RC sudah dilengkapi dengan Idle Speed Solenoid (ISC) yang berfungsi untuk mengaturnya secara otomatis. Bahkan ECU-nya (Electronic Control Unit) sudah menggunakan 33 pin atau sama seperti yang digunakan pada New V-Ixion.


Mesin Yamaha Xeon RC juga dilengkapi dengan teknologi low friction. Penggunaan AC/DC open circuit, brushless fuel pump, dan roller rocker arm diklaim dapat meningkat tenaga mesin hingga 8% lebih besar dari motor pendahulunya.

AC/DC open circuit berfungsi untuk meng-cut off pada sistem kelistrikan yang bekerja ketika suplai arus listik ke aki sudah penuh. Jadi ketika aki sudah penuh maka arus listrik benar-benar diputus dan magnet hanya memproduksi arus untuk lampu. Hal ini menyebabkan putaran magnet tidak terlalu membebani kruk as dan penggunaan listrik jadi lebih efisien. Selain itu aki jadi lebih awet karena tidak akan mengalami over charging.

Teknologi apik lainnya adalah penggunaan brushless fuel pump. Teknologi ini mampu bekerja dengan arus listrik yang lebih kecil. Sedangkan roller rocker arm mampu meminimalkan gesekan mesin sehingga mesin lebih halus dan lebih awet.

thumbnail
Title: Bongkar Rahasia Keunggulan Yamaha Xeon RC
Rating: 4.9 - 991 user reviews.
Reviewed by: Rendik Setiawan

Related Template Info Otomotif :

18 comments:

  1. ===XEONERS INDONESIA CHAPTER MANADO===
    Membagun Persaudaraan "TORANG SAMUA BERSAUDARA"
    Mengajak Tertip Berlalulintas
    xeoners-chapter-manado-konsisten-kampanye-safety-riding-dan-utamakan-solidaritas dan persahabatan
    dengan kami Yamaha Xeoners indonesia chapter Manado, Club Motor yamaha xeon berskala nasional di indonesia, Alamat Sekretariat : Jalan Kembang Mawar No.75 Sario Manado , 95114 CP.Hp.081342589976 / 085343997002.So, let's join us.

    http://www.facebook.com/pages/Xeoners-Indonesia-Chapter-Manado/440956385942037?fref=ts

    BalasHapus
  2. Jadi pengen beli Xeon RC :D

    BalasHapus
  3. Gag sbr Pengen bli Xeon RC jga :D

    BalasHapus
  4. gak salah dech bro milih nech motor , hanya yg mengerti dan terdepan dalam tehnologi, kecanggihan dan slalu inovatif, viva yamaha smg terus slalu terdepan.

    BalasHapus
  5. tetep aja REM belakangnya gk pakem...!!!!
    BAN-nya jg kecil... kebanting sm body..!!!!
    dr dulu kenapa ya Yamaha gk pernah bs ngrubah system Rem belakang...?? klu dtg ke Dealer resminya pasti di bilang kampas habis, motor br 2bln gmn mo abis..? begitu d ganti kampas baru,.. hasilnya.. sama aje..!!

    BalasHapus
  6. Secara tehknis gw memberi apresiasi buat xeon dari pada produk sekelasnya,krn karakter xeon emang cocok buat gw dgn tinggi badan 171cm dn berat 70kg,hasilnya mampu membawa karakter gw yang serba cepat. Keluhan terdapat di (1) setang yang ngga tau kenapa bikin pegel tangan di kondisi jalan apapun,kemudian..(2) itu velg gampang penyok bila berbentur lobang dgn muatan 1 org (65kg), menurut gw.. Sektor itu kekurangan xeon pendahulunya (produksi 2011),di lain sektor di rasa cukup untuk memunuhi hasrat driving gw selaras harga unit!! semoga nih teluran 2013 mampu memberi yang terbaik lagi, Bravo XEON!!

    BalasHapus
  7. like this,,,
    gw dah pke xeon RC slma 6 blan, n skrg mo 7 blan...
    emg trsa enakx... enjoy.
    bwt gw lbh PD.
    wlu bdan gw agk kcil, but i like xeon RC.
    but thera are one problem,,, yah itu Rem blakangx itu, agak dkit krg main,,, tpi oke....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu knra trllu sering smart locknya di pake say, jdi remnya agak kendor gtu.

      Hapus
  8. xeon RC emang lebih kece, tapi dah terlanjur beli xeon karbu 2010 dan terlanjur pewe, nice post gan

    BalasHapus
  9. Pnya ane xeon rc gp baru 1 bln,, tiba lampu indikator sistem kelistrikan bermasalah, mtr ga bisa idup mas bro,, tolong info nya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masalah kelistrikan mending langsung di bawa ke bengkel resmi yamaha. cz kalo yg nangani gak profesional biasanya kerusakan akan menjalar kemana2..

      Hapus
  10. Emang Xeon RC paling enak....
    Kendala cuman di velg blkg udh sepeleng padahal tuh motor bru pake 9 bulan itu pun jg jrg dpke odometer aja msh 6rban...
    Rem belakang gw pakem tuh wlpn dpke boncengan atau sendirian...

    BalasHapus
  11. Mtor tergantung si pemakai nya aj...tp dr sisi sfesifikasi, sya akuin klo Xeon emg keren abis...Top Lah.. !! Smoga tdk slah pilih :)

    BalasHapus
  12. mesin sudah mengadopsi ymjet-fi tapi kenapa xeon rc masih boros ya...

    BalasHapus
  13. Xeon rc 2 sekali ambil kenapa kok bisa? Bukan karna uang tapi karna saya sudah mengerti modifikasi didalam nya bangga sekali saya sudah setengah tahun naik tapi tu motor kayak baru ambil aja..cukup bnyak kelebihan nya tak sanggup halaman cerita disini..mau bukti uji sendiri...salam dari andi gunawan and dex rizal blang krueng aceh besar..yang sudah bagus pertahankan dan terus tingkatkan..

    BalasHapus
  14. Dr dlu ane pgen xeon. Brhbug skr udh ada xeon gt, jd mo bli gt 125 aja.
    Tp mo numpag naxa' dlu nech gan....
    6 sensor canggih yg ada d xeon rc ada ndak d xeon gt.? N apa aja fugsix snsor2 tsb.?

    BalasHapus
  15. Motor xeon RC tahun 2013, motor gw jadi kurang bertenaga agak kendor gtu tarikannya trus suara mesinnya aga kasar padahal jrg dpake,itu biasanya apanya ya?karena klo dbawa ke bengkel resmipun kdng beda/tdk sesuai sma apa yg kita harapkan..infonya donk guys,tengkiyu😀😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tenaga kendor biasanya pengapiannya kurang maksimal. Coba ganti busi iridium ato mungkin cari bengkel tuneup motor

      Hapus

 
Copyright © 2013 Kata Kata Mutiara Cinta: Bongkar Rahasia Keunggulan Yamaha Xeon RC.