Organisasi merupakan wadah/kumpulan orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan hidupnya/tujuan organisasi. Didalam organisasi terdapat dua golongan yaitu golongan pengelola/anggota dan golongan manajemen/pihak menejemen. Secara umum tanggung jawab organisasi dipegang oleh pihak manajemen, sedangkan anggota bertanggung jawab atas pekerjaannya masing-masing.
Untuk menjalankan tugasnya, pihak manajemen menggunakan fungsinya/fungsi manajemen untuk mengatur jalannya proses didalam organisasi. Fungsi manajemen tersebut adalah:
1. Planning
2. Organizing
3. Actuating/Commanding
4. Coordinating
5. Controling
Sedangkan pihak manajemen didalam proses manajemen akan menggelola beberapa faktor antara lain:
1. Man (SDM)
2. Money (Fund)
3. Material
4. Machine
5. Methode
6. Market
Untuk mengambil keputusan didalam menjalankan proses manajemen dibutuhkan informasi. Informasi ini digunakan untuk penyesuaian antara keputusan yang diambil dengan kondisi lingkungan organisasi. Sumber informasi ini adalah:
1. Bisnis/Jaringan
2. Politik & Sosial/Budaya
3. Ekonomi
Jika proses manajemen berjalan dengan lancar maka tujuan organisasi akan tercapai.
download versi pdf disini
Title: Pengantar Manajemen
Rating: 991 user reviews. -
Reviewed by: Unknown
Rating: 991 user reviews. -
Reviewed by: Unknown
0 comments:
Posting Komentar