Peluang Bisnis Melalui Pelestarian Alam

Hingga saat ini kawasan hutan tropis mengalami kerusakan yang cukup parah. Masalah utamanya adalah penebangan kayu tanpa diimbangi dengan upaya regenerasi yang mengakibatkan meningkatnya suhu bumi dan menipisnya kadar oksigen bumi. Kerusakan hutan ini sangat parah dengan laju degradasi 2,87 juta Ha per tahun menyebabkan hutan tidak mampu lagi menjadi pemasok kayu untuk bahan baku industri. Hal ini mendorong organisasi international perkayuan (ITTO) untuk ikut serta menentukan masa depan perdagangan kayu di kawasan tropis. Mulai awal tahun 2002, ITTO telah mengumumkan beberapa langkah untuk melindungi hutan tropis. ITTO menggunakan syarat bahwa kayu-kayu tropis tidak boleh diekspor kecuali kayu tersebut merupakan hasil pengolahan. Oleh karena itu, dengan melihat permintaan kayu yang semakin tinggi maka diperlukan pembudidayaan kayu komersial sebagai upaya pelestarian alam.

Setiap tahun permintaan kayu mengalami peningkatan dikarenakan persediaan kayu dihutan semakin menipis dan perkembangan penduduk semakin pesat yang menyebabkan permintaan kayu bertambah. Kebutuhan kayu untuk pasar global pada tahun 2001 mengalami kekurangan yang semakin meningkat tajam sementara pada saat yang bersamaan terjadi proses penyempitan kawasan hutan. Kenyataan tersebut telah membuka pasar yang lebar bagi siapapun yang melakukan investasi dalam bidang perkayuan ini.

Salah satu investasi dalam bidang perkayuan dapat dilakukan dengan pembudidayaan kayu sengon (Paraserianthes falcataria). Dua tahun terakhir popularitas sengon memang meningkat, padahal sengon dikenal sebagai kayu kelas 3. Kayu sengon memang tak sekeras jati. Namun, dengan perendaman dalam garam wolman, kayu sengon mampu bertahan 30-45 tahun. Teknologi lain untuk memperkuat sengon adalah biokomposit.

Pohon sengon mempunyai karakteristik berukuran sedang sampai besar, tinggi dapat mencapai 40m, tinggi batang bebas cabang 20m, kulit licin, berwarna kelabu muda, bulat agak lurus. Diameter pohon dewasa bisa mencapai 100cm atau lebih. Kayu sengon berwarna hampir putih atau coklat muda pucat dengan tekstur agak kasar dan merata dengan arah serat lurus, bergelombang lebar atau berpadu. Kayunya lunak dan mempunyai nilai penyusutan dalam arah radial dan tangensial berturut-turut 2,5% dan 5,2% dengan berat jenis 0,33 (0,24-0,49) (Martawijaya dan Kartasujana, 1977).
Kayu sengon merupakan kayu serba guna untuk konstruksi ringan, kerajinan tangan, kotak cerutu, veneer, kayu lapis, korek api, alat musik, pulp, bahan kertas, jointed board/wood working, sawmill, moulding, meubelair, dan lain sebagainya. Daun sebagai pakan ayam dan kambing. Di Ambon kulit batang digunakan untuk penyamak jaring, kadang-kadang sebagai pengganti sabun. Ditanam sebagai pohon pelindung, tanaman hias, reboisasi dan penghijauan.

Peluang Bisnis Sengon

Menurut Bambang (Perum Perhutani Unit II Jawa Timur) mengatakan, kebutuhan kayu sengon mencapai 500 ribu meter kubik pertahunnya sedangkan Perhutani hanya bisa menyediakan sekitar 100 ribu meter kubik saja. Kondisi ini menunjukan bahwa peluang bisnis sengon masih terbuka lebar. Secara matematis keuntungan budidaya sengon dapat dilihat sebagai berikut: (asumsi pada umur 5 tahun per hektar dengan sitem penjangkaran)
Sengon Solomon kultur jaringan
Pengeluaran
Biaya bibit (asumsi) 1150 x Rp. 3500 = Rp. 4.025.000
Biaya pemeliharaan 1150 x Rp. 10.000 = Rp. 11.500.000
Jumlah pengeluaran = Rp. 15.525.000
Pemasukan :
Penjarangan tahun ke 1 = 10% x 1150 x harga jual Rp. 15000 = Rp. 1.725.000
Penjarangan tahun ke 2 = 5% x 1150 x harga jual Rp. 40.000= Rp. 862.500
Hasil tebang tahun ke 5 = 85% x 1150 x harga jual Rp. 400.000 = Rp. 391.000.000
Jumlah Pemasukan = Rp. 393.587.500

Peluang Penyelamat Lingkungan

Alasan ini penting untuk Menyuburkan dan menghijaukan Bumi. Menanam sengon dapat menyuburkan tanah dan menjaga sumber-sumber air. Sistem perakaran sengon banyak mengandung nodul akar sebagai hasil simbiosis dengan bakteri Rhizobium. Keberadaan nodul akar dapat membantu porositas tanah dan penyediaan unsur nitrogen dalam tanah. Dengan demikian pohon sengon dapat membuat tanah disekitarnya menjadi lebih subur.

Sengon juga diketahui dapat berasosiasi secara baik dengan Vesikular-Arbuskular Mikoriza (MVA), sehingga dengan adanya asosiasi ini memungkinkan tanaman sengon untuk tumbuh baik pada lingkungan yang ekstrim, kritis unsur hara, dan air (Setiadi, 2001). Oleh karena itu, tanaman sengon dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tanah dan untuk merehabilitasi lahan kritis.



Refferensi:
Martawijaya. A, I. dan Kartasujana. 1977. Ciri Umum, Sifat dan Kegunaan Jenis-Jenis Kayu Indonesia. Publikasi Khusus No. 41. LPHH, Bogor.
Setiadi, Yadi. 2001. Peranan Mikoriza Arbuskula Dalam Rehabilitasi Lahan Kritis Di Indonesia. (Dalam Seminar Penggunaan Cendawan Mikoriza dalam Sistem Pertanian Organik dan Rehabilitasi Lahan Kritis). Bandung. (Tidak dipublikasikan)
http://www.perumperhutani.com/index.php?option=com_content&task=view&id=53&Itemid=2
http://www.batangkab.go.id/jabon,alternatif pengganti sengon.html
http://kebunpaktani.blogspot.com/2009/05/penggunaan-dan-manfaat-kayu-sengon.html
http://vansaka.blogspot.com/2010/03/semua-tentang-sengon.html

thumbnail
Title: Peluang Bisnis Melalui Pelestarian Alam
Rating: 4.9 - 991 user reviews.
Reviewed by: Rendik Setiawan

Related Template Entrepreneur, ide bisnis, pendidikan :

4 comments:

  1. ::: holla.....

    ;;; ada kampanye pelestarian alam rupanya ^-^

    ::: memang si empunya positivego kuliah ato memang dosen yah ^-^

    ::: hehehehe.. abis perinciannya berat... ^-^

    ::: betewe,,,, aku datang mengundang mu ^-^,,, ke bilik puisiku ^-^v... datang berkunjung yah ^-^... aku tunggu disana -^v peace http://wiedewriter.blogspot.com

    BalasHapus
  2. @ W i e d e s i g n a r c h: hehehe.. masih kul n perlu banyak belajar lagi.. kebetulan di desa saya banyak yang bisnis sengon... jadi peluang untuk dijadikan informasi bisnis.. plus diajukan buat lomba.. hehehe..

    ok.. segera meluncur ke blog anda

    BalasHapus
  3. wah cocok dengan tema KKN saya nih :)

    BalasHapus
  4. ok.. smoga bermanfaat buat KKN anda...

    BalasHapus

 
Copyright © 2013 Kata Kata Mutiara Cinta: Peluang Bisnis Melalui Pelestarian Alam.