Peluang Bisnis Fiber Glass

Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan manusia hampir tidak terbatas sedangkan alat atau sumber pemenuhan kebutuhan tersebut terbatas. Oleh sebab itu banyak manusia yang melakukan berbagai usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan melihat peluang dan sumber daya yang tersedia. Ada dua unsur penting dalam aktifitas berwirausaha yaitu pemanfaatan peluang dan penggunaan sumber daya. Seorang wirausahawan yang handal dapat menangkap, memahami dan memilih peluang usaha dan menggumpulkan sumber daya yang diperlukan. Hal akhir yang diharapkan adalah pencapaian makna/profit.


Adanya Trend penggunaan aksesoris berupa PIN sebagai salah satu mode mahasiswa menjadikan sebuah peluang bisnis di sekitar wilayah kampus. Kebutuhan dan peluang yang masih belum terpenuhi itulah yang mendorong untuk menciptakan jenis usaha aksesoris berupa Galeri Fiberglass.



Istilah fiberglass umumnya digunakan untuk suatu produk baik lembaran maupun masif berserat menggunakan bahan dasar resin. Proses pembuatan fiberglass itu sendiri melalui beberapa proses dan membutuhkan bahan baku antara lain resin, katalis, talc, wax, pigmen (pewarna). Sedangkan proses pembuatannya yaitu (i) pengadaan bahan-bahan Fiberglass, (ii) proses pembuatan desain, (iii) proses pencetakan. 1. Bahan-bahan Fiberglass Untuk mebuat fiberglass dibutuhkan beberapa bahan baku antara lain:




  • Resin
Resin adalah bahan kimia yang berbentuk cair, menyerupai minyak goreng, tetapi agak kental. Jenis resin bermacam-macam. Untuk bahan aksesoris fiberglass, umumnya menggunakan resin bening atau resin butek. Resin bening, biasanya digunakan untuk bentuk yang menonjolkan kebeningannya. Sedangkan resin jenis butek lebih banyak digunakan untuk pembuatan aksesoris, disamping harganya murah, resin ini dapat dengan mudah dibeli di toko-toko kimia.
  • Katalis
Cairan ini bisa dibilang pendamping setia resin, cairan ini biasanya berwarna bening dan berbau agak sengak. Cairan ini berfungsi untuk mempercepat proses pengerasan adonan fiber, semakin banyak katalis maka akan semakin cepat adonan mengeras akan tetapi hasilnya kurang bagus. Cairan ini jika mengenai kulit akan terasa panas, seperti cairan air zuur.
  • Talc
Bahan berbentuk bubuk putih yang menyerupai terigu ini berfungsi sebagai pengental adonan fiberglass utama (resin, katalis dll) sehingga sepeti plastik. Semakin banyak campuran Talc pada adonan, maka hasil fiberglass akan menjadi lebih tebal dan berat.
  • Wax (Mold Release)
Bahan ini sepintas mirip mentega/keju ketika masih di dalam wadahnya. Berfungsi sebagai pelicin pada tahap pencetakan dan agar resin tidak menempel pada cetakan. 2. Pembuatan desain Langkah-langkah dalam membuat desain antara lain dengan:


1. Membuat visualisasi produk dengan gambar melalui komputer. Melakukan pembuatan pola melalui komputer yang kemudian dituangkan dalam gambar desain. Hal ini bertujuan memvisualisasikan desain prosuk yang akan dibuat dan mempermudah dalam pencetakan.



2. Membuat cetakan fiberglass sesuai ukuran gambar Gambar produk yang telah dibuat kemudian digunakan untuk menciptakan cetakan fiberglass dengan ukuran tertentu. Cetakan ini dibuat dari bahan fiberglass untuk mempermudah pembentukan.



3. Finising desain cetakan fiberglass. Finising dilakukan untuk melihat keakuratan ukuran dan kesesuaian bentuk cetakan dengan model gambar.



3. Proses pencetakan


Terdapat beberapa cara dalam pembuatan fiberglass antara lain:



  • Resin + Katalis = mudah pecah
  • Fiberglass Cloth + Resin + Katalis
  • Resin + talk + Katalis = Kuat
Didalam pembuatan fiberglass kami mengunakan cara yang kedua yaitu Resin + talk + Katalis. Proses pencetakan dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu:


1. Siapkan alat-alat berupa gelas air mineral, pengaduk, dan sarung tangan.


2. Tuangkan resin, katalis dan talc kedalam gelas air mineral dengan perbandingan campuran Resin : Katalis = 1 liter : 10cc (0,01 L), sedangkan resin ditambah talk kira-kira perbandingan 1:1 3. Tambahkan air secukupnya untuk menjaga agar bahan baku tidak mudah mengeras


4. Tambahkan pigmen sesuai warna yang dikehendaki dan aduk-aduk sampai merata


5. Tuangkan bahan baku kedalam cetakan dan tunggu hingga mengering dan keras


6. Keluarkan fiberglass dari cetakan


contoh vandel:






thumbnail
Title: Peluang Bisnis Fiber Glass
Rating: 4.9 - 991 user reviews.
Reviewed by: Rendik Setiawan

Related Template Bisnis Sampingan, ide bisnis, Ide Usaha, Peluang bisnis :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Kata Kata Mutiara Cinta: Peluang Bisnis Fiber Glass.